BIPA
  • Register

BIPA BALAI BAHASA DIY

Berdasarkan undang-undang Nomor 24 BIPA sebagai salah satu bagian dari divisi Balai Bahasa mempunyai peranan untuk menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional dengan cara melakukan pembinaan dan pemberian informasi tentang bahasa Indonesia. Hal itu sesuai dengan visi dan misi Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa untuk meningkatkan fungsi Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Selain itu, keberadaan BIPA semakin diperlukan dengan adanya era globalisasi karena semakin banyak orang asing yang datang ke Indonesia dan berminat untuk belajar bahasa ataupun budaya Indonesia. 

Program BIPA di Balai Bahasa DIY mulai dilaksanakan sejak tahun 2007. Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan sebagai berikut.
1. Penyusunan bahan ajar BIPA untuk tingkat pemula, khusus muatan lokal kota Yogyakarta tahun 2008,
2. Penyelenggaraan lokakarya BIPA bagi tenaga pengajar dan pengelola BIPA tahun 2008,
3. Pembuatan pangkalan data penyelenggara BIPA di DIY tahun 2009,
4. Dukungan terhadap program atau kegiatan BIPA Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan yang diselenggarakan di DIY, misalnya Peningkatan mutu tenaga pengajar BIPA tahun 2013 di hotel Aston dan seminar Internasional BIPA tahun 2017 di hotel Inna Garuda,
5. Pelayanan konsultasi dan kerjasama dengan lembaga penyelenggara BIPA, misalnya konsultasi terkait kurikulum BIPA
6. Kerja sama dengan jejaring BIPA di DIY, yaitu Forum Komunikasi Lembaga BIPA DIY dan Afilisasi Pegiat dan Pengajar BIPA, dan
7. Penyelenggaraan Sarasehan Jejaring Kemitraan Program BIPA pada tahun 2017 dan 2018.


Visi, misi, dan program BIPA Balai Bahasa DIY sejalan dengan visi, misi, dan program BIPA Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, khususnya Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK). Visi dan Misi BIPA Badan Bahasa dalam menyelenggarakan program BIPA sebagai berikut.

Visi

Terlaksananya pembelajaran BIPA yang mampu meningkatkan citra Indonesia yang positif di dunia internasional dalam rangka menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa perhubungan luas pada tingkat antarbangsa.

Misi

Memperkenalkan masyarakat dan budaya Indonesia di dunia internasional dalam rangka meningkatkan citra Indonesia di luar negeri.

Meningkatkan kerja sama yang lebih erat dan memperluas jaringan kerja dengan lembaga-lembaga penyelenggara pembelajaran BIPA, baik di dalam maupun di luar negeri.

Memberikan dukungan dan fasilitasi terhadap lembaga-lembaga penyelenggara pembelajaran BIPA, baik di dalam maupun di luar negeri.

Meningkatkan mutu pembelajaran BIPA, baik di dalam maupun di luar negeri. Meningkatkan mutu sumber daya penyelenggara pembelajaran BIPA di dalam dan di luar negeri.

02912644
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total
279
327
891
384880
10034
16434
2912644
Your IP: 54.224.166.141
2018-09-25 16:17