Beranda
  • Register

Regulasi

Produk

Pengumuman

Organisasi

Pedoman & Acuan

Laporan

Rencana & Program

Standar Layanan

Tokoh

Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta melalui tim Kerja Sama menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Kebahasaan dan Kesastraan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Imogiri, Bantul pada Rabu, 12 Desember 2018.

Kepala SPN menyambut baik kegiatan seperti ini. Sekolah Polisi Negara Selopamioro mendidik calon polisi harus paham pentingnya bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan identitas bangsa. Selain itu, mereka adalah calon-calon penegak hukum yang harus paham bahwa bahasa sebagai alat komunikasi kadangkala menjadi bumerang bagi penuturnya. Gara-gara keliru berbahasa, siapapun bisa berurusan dengan hukum. Oleh karena itu, siswa SPN perlu mendapat pengetahuan mengenai seluk beluk bahasa Indonesia baik secara teori maupun praktik.

Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah Kepala SPN, AKBP Imam Kabut Sariadi, S.I.K., M.M. yang memaparkan materi “Pendidikan Karakter” dan Dr. Restu Sukesti, M.Hum. (Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta) yang memaparkan materi “Penerapan Ejaan dan Diksi” dan “Penyusunan Kalimat Efektif dan Paragraf”.

Dalam pemaparannya, Kepala SPN menegaskan bahwa setiap siswa SPN harus siap ditempatkan di semua kesatuan sehingga harus paham mengenai kasus-kasus hukum yang berkaitan dengan kebahasaan termasuk penggunaan bahasa di media sosial. Sejumlah 138 calon Bintara antusias mengikuti dan menyimak materi hingga akhir kegiatan.

Kerja sama antara Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kepolisian selama ini telah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan seringnya Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta diminta menjadi saksi ahli dalam kasus hukum kebahasaan. Terkait kegiatan Pembinaan Kebahasaan dan Kesastraan ini, Kepala SPN berencana akan mengagendakan bagi setiap angkatan pendidikan calon Bintara Polri.

Galeri

Tautan

02952281
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total
156
243
1487
424384
5026
9334
2952281
Your IP: 54.227.76.180
2019-01-18 08:26

Grafik Pengguna Layanan Balai Bahasa DIY Tahun 2018

 Pengunjung Perpustakaan

Peserta UKBI