Tokoh
  • Register

Muhammad Ainun Nadjib atau yang biasa di kenal Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun dilahirkan di Mentro, Sumobito, Jombang, Jawa Timur, pada Rabu Legi 27 Mei 1953 sebagai putra keempat dari 15 bersaudara, dari suami istri H.A. Lathif dan Halimah. Ayahnya, Almarhum MA Lathif, adalah seorang petani. Ia mengenyam pendidikan SD di Jombang (1965) dan SMP Muhammadiyah IV Yogyakarta (1968). Ia pernah masuk Pondok Modern Gontor Ponorogo tetapi kemudian dikeluarkan karena melakukan demo melawan pemerintah pada pertengahan tahun ketiga studinya. Ia kemudian pindah ke SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, sampai tamat.

Ia pun sempat melanjutkan kuliah ke Fakultas Ekonomi UGM, tetapi tidak tamat. Pendidikan formalnya hanya berakhir di Semester 1 Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dengan berbekal kemampuan berbahasa Inggris dan Arab, Emha banyak membaca, menguak berbagai ilmu yang terdapat dalam kitab-kitab kuning maupun referensi-referensi para sarjana Barat.
Bersama dengan Linus Suryadi AG, ia pernah menjadi siswa PSK asuhan Umbu Landu Paranggi di Mingguan Pelopor Yogya pada tahun 1970-an serta pernah menjadi wartawan harian Masa Kini Yogyakarta selama 3 tahun, menjadi redaktur tamu di harian Bernas tetapi hanya betah 3 bulan. Selain itu, ia juga pernah dipercaya mengasuh ruang Insani: sebuah rubrik yang mengutamakan persahabatan, khususnya bagi muda-mudi yang menaruh perhatian dan ingin mengembangkan bakat menulis sastra di koran. Dia pun sering membacakan puisinya dengan iringan gamelan bersama kelompok teater Dinasti, baik di masjid, kampus, kampung, dan sejumlah gedung kesenian.

Selain itu, ia juga pernah mengikuti berbagai kegiatan di luar negeri, antara lain, lokakarya teater di Filipina (1980), International Writing Program di Universitas Iowa, Amerika Serikat (1981), Festival Penyair Internasional di Rotterdam, Belanda (1984) dan Festival Horizonte III di Berlin Barat, Jerman (1985), dan mengembara di beberapa Negara di Eropa selama satu setengah tahun lebih. Ia pun pernah menjadi redaktur di Indonesian Side yang terbit di Bangkok. Dalam kesehariannya, Emha terjun langsung di masyarakat dan melakukan aktivitas-aktivitas yang merangkum dan memadukan dinamika kesenian, agama, pendidikan politik, sinergi ekonomi guna menumbuhkan potensialitas rakyat. Di samping aktivitas rutin bulanan dengan komunitas Masyarakat Padang Bulan, ia juga berkeliling ke berbagai wilayah nusantara, rata-rata 10-15 kali per bulan bersama Musik Kiai Kanjeng, dan rata-rata 40-50 acara massal yang umumnya dilakukan di area luar gedung. Selain itu, ia juga menyelenggarakan acara Kenduri Cinta sejak tahun 1990-an yang dilaksanakan di Taman Ismail Marzuki. Kenduri Cinta adalah forum silaturahmi budaya dan kemanusiaan yang dikemas sangat terbuka, ringan dan dibalut dalam gelar kesenian lintas gender. Dalam pertemuan-pertemuan sosial itu, ia melakukan berbagai dekonstruksi pemahaman atas nilai-nilai, pola-pola komunikasi, metoda perhubungan kultural, pendidikan cara berpikir, serta pengupayaan solusi-solusi masalah masyarakat.

Emha adalah seorang penyair dan budayawan yang sangat kreatif sehingga karyanya tidak terbatas pada satu bentuk saja. Selain penyair, ia juga seorang cerpenis, kolomnis, dan eseis majalah sastra, budaya, sosial, dan agama. Sebagai cerpenis, Emha pernah mempersiapkan kumpulan cerpen yang diberi judul Padang Kurusetra. Namun, naskah itu terselip entah di mana. Hal itu terjadi karena memang tidak didokumentasikan karya-karyanya dengan baik waktu itu. Kumpulan cerpennya yang lain diterbitkan oleh SIPRESS berjudul Yang Terhormat Nama Saya (1992).
Yang Terhormat Nama Saya,—yang berisi 14 cerpen—merupakan sebagian dari kumpulan cerpen yang ia tulis pada tahun 1977—1981 yang terbit di harian Kompas, Zaman, Horizon, dan sebagainya. Cerpennya yang lain “Kepala Kampung” masuk dalam majalah Sastra Horizon No. XIV tahun  1979 dan antologi cerpen Pagelaran. Salah satu cerpennya berjudul “Satu Truk Pasir” juga masuk dalam antologi bersama Perempuan Bermulut Api (2009).

02913140
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total
350
425
1387
384880
10530
16434
2913140
Your IP: 54.162.159.33
2018-09-26 14:23